QUADRA SOLUTIONS –  Di era digitalisasi seperti saat ini tentu saja perkembangan teknologi sangatlah pesat terutama perkembangan teknologi komunikasi. Semakin berkembangnya teknologi komunikasi yang sangat pesat memicu pengusaha-pengusaha untuk berlomba-lomba menciptakan berbagai macam device dengan berbagai macam OS untuk mendukung perkembangan teknologi komunikasi di era digitalisasi.

Para pengusaha tidak hanya berlomba-lomba menciptakan berbagai macam device dengan berbagai macam OS, tetapi mereka juga berlomba-lomba dalam menciptakan aplikasi. Memang saat ini aplikasi banyak tersedia dengan berbagai jenis, mulai dari aplikasi sebagai hiburan sampai aplikasi yang memiliki fungsi untuk membantu Anda dalam berbisnis. Akan tetapi, tentu saja semua aplikasi tersebut tidaklah mudah dalam pembuatannya, melakukan tahapan pengujian sampai penyelesaian bukanlah perkara mudah.

Proses pengujian merupakan proses yang sangatlah penting sebelum device mobile atau aplikasinya di rilis untuk para penggunanya, karena proses inilah yang akan menentukan kualitas dari device mobile yang Anda ciptakan dan apabila device mobile ataupun aplikasi yang Anda ciptakan mengalami kesalahan karena Anda tidak melewati proses testing maka akan berdampak sangat fatal, seperti kerugian dan kehilangan kepercayaan para pengguna device mobile ataupun aplikasi yang Anda ciptakan.

Baca juga Kenali 3 Unsur Penting Ini Sebelum Melakukan Mobile Testing Tool atau Automation Testing Tool

Mungkin Anda atau perusahaan Anda akan banyak sekali disuguhi dengan banyak software testing tools yang tersedia dan dengan sangat mudah untuk didapatkan. Dari sekian banyaknya software yang ada Anda dapat mengelompokkannya kedalam dua jenis atau kategori besar yaitu manual testing dan automation testing tools. Ada baiknya sebelum Anda memutuskan jenis software yang akan Anda atau perusahaan gunakan simak dulu penjelasan dibawah ini.

Apabila Anda atau perusahaan telah memilih melakukannya secara manual ingatlah bahwa bila testing ini dilakukan secara manual sering kali tidak akurat karena keterbatasan manusia (Human Error) dan pengujian dengan manual juga akan menghabiskan waktu yang lebih banyak.

Lalu bagaimana bila Anda atau perusahaan memutuskan untuk menggunakan Automation Mobile Testing Tools? Mobile testing tools automation atau dapat disebut sebagai Testing aplikasi mobile adalah proses dimana device mobile ataupun aplikasi yang Anda ciptakan diuji kegunaaan dan konsistensinya.

Dengan menggunakan Mobile testing tools automation, Anda tidak perlu lagi memikirkan masalah karena keterbatasan manusia (human Error) dan tentu saja proses pada tahapan testing ini tidak akan membutuhkan waktu yang lama, karena dari namanya saja sudah jelas bahwa proses ini dapat dilakukan secara otomatis.